Jumat, 10 Maret 2017

MANFAAT BUAH DAN SAYURAN

Manfaat Buah dan Sayuran Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

 Buah dan sayur merupakan makanan yang harus ada di setiap kita makan. Buah dan sayuran   memiliki banyak kandungan nutrisi atau zat kimia penting sangat bermanfaat untuk menopang kesehatan tubuh manusia. Setiap orang menginginkan hidup sehat, terbebas dari segala macam penyakit. Sudah barang tentu kalian semua menginginkan kondisi tubuh yang sehat dan tidak mudah terkena penyakit. Itu semua akan kalian peroleh jika raajin berolahraga dan tidak kalah pentingnya menjaga pola makan yang teratur. Mulai dari mengkonsumsi makan-makaan yang bergizi seimbang, seperti buah dan sayuran. Asupan makanan bagi tubuh harus seimbang antara porsi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh atau dengan kata lain tidak dengan porsi berlebihan.




Manfaat Buah dan Sayuran Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat buah-buahan maupun sayur-sayuran merupakan salah satu menu makanan penunjang bagi kesehatan tubuh kita. Konsumsi buah dan sayur setiap hari sagatlah dianjurkan supaya memenuhi menu makanan sehat, olah tubuh sehingga kita dapat selalu sehat tampil lebih bugar. Oleh karena itu, kita perlu tahu apa saja manfaat buah-buahan maupun sayur-sayuran tersebut serta kandungan nilai gizi yang terkandung di dalamnya.

khasiat buah dan sayur untuk kesehatan dengan Allah telah menciptakan alam semesta dengan segala isinya, salah satunya adalah tumbuhan, beraneka ragam spesies tumbuhan tercipta. Sebagai wujud syukur kita kepada Allah, kita harus bisa melestarikannya, memanfaatkan anugerah Sang Pencipta dengan baik. Dari tumbuhan penghasil kayu, kita bisa memanfaatkannya untuk bahan bangunan, lemari, meja, kursi dan masih banyak lagi yang lainnya. Dari tumbuhan penghasil sayur, kita bisa memanfaatkannya sebagai sumber makanan yang mengandung banyak gizi yang menyehatkan kita. Dari tumbuhan juga muncul buah-buahan yang bisa kita nikmati sampai saat ini. 

Manfaat Khasiat Buah dan Sayur Untuk Kesehatan 

Anda perlu tahu, bahwa di dunia ini banyak sekali jenis buah-buahan ataupun sayur-sayuran, dimana memiliki ciri serta kekhasan masing-masing. Masing-masing buah maupun sayur memiliki kandungan nutrisi serta nilai gizi berbeda. Konsumsi buah dan sayur secara rutin sangatlah dianjurkan untuk menjaga keseimbangan gizi, selain banyak mengandung serat, buah maupun sayur juga kaya akan kandungan vitamin maupun mineral. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin serta mineral tubuh, sangatlah baik jika kita setiap hari mengkonsumsi 5 porsi buah dan sayur. Disamping merupakan agenda program hidup sehat, konsumsi buah-buahan maupun sayur-sayuran juga merupakan diet alami secara mudah, murah serta menyegatkan untuk tubuh.

Manfaat Vitamin A
Vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata maupun kulit. Jenis buah seprti buah alpukat, buah sirsak, belimbing, jambu biji, kiwi, mangga, melon, pisang, pepaya, semangka.Jenis sayur seperti sayur ayam, brokoli, wortel, kangkung, ubi jalan merah, labu kuning, seldri dan kacang panjang.

Manfaat Vitamin B1
Manfaat vitamin Bi yaitu untuk membantu memperlancar sirkulasi darah, metabolisme, maupun fungsi otak. Seperti jenis buah yang mengandung vitamin B1 yaitu buah kiwi, naga, kismis, semangka, pisang, dan timun. Jenis sayurannya yaitu sayur kangkung dan sayur kacang panjang.

Manfaat Vitamin B2
Manfaat vitamin B2 bagi tubuh terutama dalam pembentukan sel darah merah serta meningkatkan aliran oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Jenis buahnya yaitu buah kiwi, manggis, apel, semangka, pisang dan timun.
Jenis sayurnya yaitu sayur kacang panjang, jamur serta bayam.

Manfaat Vitamin C
Manfaat vitamin C terutama dalam membantu menjaga kesehatan gigi serta kesehatan gusi.

Manfaat Vitamin B6
Manfaat vitamin B6 bagi tubuh terutama dalam meningkatkan kekebalan tubuh, metabolisme serta sistem syaraf.

Manfaat Vitamin E
Vitamin E selin baik untuk menjaga kelembabab kulit maupun perawatan rambut juga dalam meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan daya tahan tubuh, membantu kesuburan alat kelamin, mengurangi stress, serta mencegah penyakit jantung maupun kanker.

Manfaat Vitamin K
Vitamin K bermanfaat bagi tubuh terutama dalam pembentukan tulang maupun pembekuan darah.

Manfaat Asal Folat
Manfaat asam folat bagi tubuh terutama untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta meningkatkan energi.

Manfaat Zat Besi
Zat besi bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah.

Manfaat Potsium
Manfaat potasium bagi tubuh yaitu membantu mengontrol detak jantung, menurunkan tekanan darah maupun mengotrol fungsi otak.

Manfaat Kalsium
Kalsium bermanfaat untuk pembentukan tulang, serta mencegah terjadinya ostereoporosis.

Sekian mengenai manfaat buah dan sayuran, semoga bermanfaat. Dan jangan lupa tetap jaga kesehatan dengan makan makanan yang bergizi dan dan tetunya salah satu ada buah dan sayuran.
TERIMA KASIH.

6 komentar: